Minggu, 03 Mei 2020

Menulis Setiap Hari dan Menerbitkan Buku

  Minggu, 3 Mei 2020

           Motivasi Menulis Setiap Hari dan 
                         Menerbitkan Buku

                                  by
                          Trini Eko Dewi

Menulis, menulis, dan menulis jangan putus asa kunci sukses seorang penulis hebat.



Narasumber : Dadang Kadarusman

Tema hari ini adalah  Motivasi Menulis Setiap Hari dan Menerbitkan Buku, Jumat  1 Mei 2020 pukul 13.00 -- 15.00
Siang hari cerah sekali, moderator yang hebat selalu setia menemani Mr.BamS.
Narasumber kita familier dipanggil DEKA, beliau seorsnh Trainer dan Motivator Nasional.
Motto: Helping Organizations to Embrace  Change Through Training and Developmenet.


Kuliah dimulai dengan perkenalan dari Narasumber, nama Dadang Kadarusman.
Ayah saya seorang guru sekolah dasar. Ketika saya masih kecil, beliau sering membawakan buku2 bacaan. Dari situ saya jadi suka membaca. Dan dari suka membaca itu kemudian saya berkeinginan untuk menulis. Jadi sejak kecil saya sudah menulis.
Sampai hari ini, alhamdulillah Allah kasih saya kekuatan untuk terus menulis.


Seseorang yang menulis setiap hari membutuhkan skill mereka megasah ketrampilan pastinya Surprise bangett....karena hasil karya sebuah bukunya dengan menulis sendiri tanpa bantuan orang lain.
Lain halnya sesorang yang ingin bukunya diterbitkan dengan bantuan orang lain mereka menerbitkan buku a.n penulis, bh buku terbit sekali tidak ada kelanjutan hasil karyanya.


Pak Deka tidak akan panjang lebar  dalam forum ini mungkin saya hanya bisa membawakan materi sedikit saja karena adanya keterbasan ilmu saya dan hal-hal lainnya. Namun semoga yang sedikit ini bisa menjadi tambahan referensi bagi bapak ibu yang ingin meningkatkan kemampuan menulisnya.
Why
Mengapa kita perlu menulis setiap hari?
Pertama: Dalam perspektif pembelajaran kita alah bisa kan biasa, kalau kita membiasakan menulis setiap hari pastinya akan tumbuh keterampilan.
Kedua: Kenapa kita perlu menulis setiap hari, akam.membantu keselarasan antara otot dalam tubuh kita serta jiwa kita,melihat apapun rasanya tumbuh ide baru ingin menerjemahkan ke dalam bentuk tulisan.
Ketiga: Kenapa harus menulis setiap hari, healing remedy kita akan menjadi pribadi yang lebih sehat.


How
Kita harus selalu komitmen untuk tidak melewatkan satu hari tanpa menulis.
Jangan dihitung berapa kata akan menulis seperti menulis di artikel, sebagsi penulis pemula kunci utama harus menanamkan percaya diri jangan ada beban malu karrna tulisan jelek, belum ada yang baca kita tidak boleh baper tetap PD aja yaaa pasti hasil karya semakin bagus.


What 
WHAT MAKES YOU WRITE yang tadi kita bahas. Karena hal itu akan menentukan tingkat istiqomah kita
Tapi jawaban dari WHAT tadi sifat individual.
Kalau kita menulis karena uang, maka bakal berhenti ketika hasil karyawa kita nggak jadi uang banyak.
Tapi kalau kita punya alasan yang lebih tinggi lebih mulia lebih bernilai Insya Allah akan istiqomah
Saya, misalnya. Sekarang menulis lebih karena ingin agar Allah mengajari saya sesuatu. lalu yang Allah ajarkan itu saya bagikan kepada orang lain.
Dengan itu, maka saya selalu tanya; Ya Allah, hari ini saya bisa belajar apa?


Pak Deka menambahkan sekarang saya justru lebih tertarik untuk menulis artikel setiap hari kemudian diberikan secara free daripada memikirkan menerbitkan buku: Dengan demikian, maka gagasan saya bisa lebih cepat sampai kepada orang lain


Kesimpulan: Temukan, hal apa yang bisa membuat  kita ingin menulis. Atau apa tujuan dari kita menulis. Jika sudah ketemu, nanti akan dengan sendirinya menulis secara produktif.


        Terimakasih semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menerbitkan Buku di Penerbit Andi

           Senin, 11 Mei 2020            Menerbitkan Buku Ajar di Penerbit                           Andi Siang ini jadwal kuliah ...