Minggu, 02 November 2025

BAKERI SEBAGAI PENGUATAN LITERASI NUMERASI

BAKERI SEBAGAI PENGUATAN LITERASI NUMERASI

DI SDN KARANGANOM 1

Trini Eko Dewi, S.Pd.MM

SDN Karanganom I Karangmojo, Karanganon II, Ngawis, Karangmojo, Gunungkidul

Email : trinieko16@admin.sd.belajar.id

 

SITUASI

         

         Berdasarkan peraturan Perdirjen Nomor 2026/B/HK.04.01/2023 tentang model kompetensi guru tentang pentingnya literasi dan numerasi dalam kompetensi guru.

Latar belakang masalah adalah Nilai Rapot Pendidikan pada tahun 2024 di satuan pendidikan Literasi Numerasi prioritas nilai masih rendah. Strategi praktik baik dibagikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran literasi numerasi, sebagai Kepala Sekolah memiliki peran sebagai pemimpin pembelajaran ( Instructional Leader) dan perancang program literasi numerasi, berkolaborasi bersama teman sejawat untuk meningkatkan pembelajaran secara konstektual dengan memanfaatkan media konkrit  batu kerikil di lingkungan sekitar sekolah. Tanggung jawab Kepala Sekolah mendukung dan mengembangkan budaya sekolah yang literat melalui program literasi numerasi 15 menit sebelum pembelajaran.

 

       Pembelajaran Literasi Numerasi melalui Model STAR  digunakan dalam penyusunan praktik baik di SDN Karanganom 1. Berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran ditemukan latar belakang masalah :

1.      Minat belajar literasi numerasi murid masih rendah.

2.      Murid kesulitan mengaitkan konsep numerasi dengan konteks nyata.

3.      Pengaruh gadjet murid belum mengenal permainan tradisional gatheng.Keterampilan manipulatif dan pemahaman konsep numerasi kurang berkembang. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan strategi praktik baik dan diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran literasi dan numerasi di sekolah. Pemanfaatan media konkret, permainan tradisional, dan model pembelajaran inovatif diharapkan mampu meningkatkan minat, pemahaman, dan keterampilan murid dalam literasi dan numerasi.

 

 

TANTANGAN

Tantangan untuk mencapai tujuan melalui pembiasaan literasi numerasi di SDN Karanmganom 1 untuk mengasah dan menguatkan pengetahuan serta keterampilan numerasi dalam menginterprestasikan angka, data, tabel, grafik, dan diagram, mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan literasi numerasi untuk memecahkan masalah.

Berdasarkan  penyebab masalah di atas tantangan yang dihadapi oleh guru adalah :

1.             Penggunaan media pembelajaran literasi numerasi yang inovatif, tepat, dan menarik, sesuai dengan karakteristik materi pelajaran dan karakteristik murid.

2.             Fokus pada pengembangan keterampilan pemecahan masalah matematika, menambah sumber belajar yang relevan dan memanfatatkan media ajar konkriit di lingkungan sekolah.

3.             Beri tantangan matematika memerlukan pemikiran yang kreatif dan solusi inovatif.

4.             Buatlah permainan  matematika yang interaktif untuk meningkatkan keterampilan numerasi, yang melibatkan murid dalam pembelajaran literasi numerasi di sekolah.

         Pihak yang terlibat dalam praktik pembelajaran ini adalah :

         Pengawas pembina SD,Guru. Murid,Kepala sekolah.Orang tua wali murid

         dan Komite sekolah

 

AKSI

Langkah ketiga dalam penerapan Model STAR adalah melakukan aksi adalah:

1.             Melalui Permainan Matematika ( Match game day) dengan batu kerikil murid berhitung, menyusun angka , belajar penjumlahan, dan  perkalian.

2.             Melalui berbagai lomba, murid menyiapkan media  pembelajaran yaitu bahan ajar konkrit, dengan memanfaatkan batu kerikil di lingkungan sekolah untuk meningkatkan literasi numerasi murid.

3.             Batu kerikil juga dimanfaatkan untuk Permainan.tradisional nguri uri budaya  lokal atau daerah yang ada di Indonesia seperti permainan  gatheng dan dhakon, yang melatih Kerjasama , ketangkasan tangan murid

4.             Media pembelajaran konkrit  batu kerikil sebagai permainan tradhisional,

Berikut ini guru memberi contoh cara bermainnya:

 

-          Ambil batu kerikil 5 yang satu pilih batu kerikil lebih besar untuk gacuk.

-          Suit Bersama teman main.

-          Pemain pertama menyebarkan  batu kerikil,  kemudian mengambil salah satu batu dan dilempar ke atas.

-          Selanjutnya pemain melempar batu kerikil ke atas kemudian mengambil dua batu sekaligus sampai habis.

 

Berikut link kegiatan Literasi Numerasi di SD N Karanganom 1 :

https://drive.google.com/file/d/1THCtnXPe1uXyWKvkWF4rC85O_glf4teA/view?usp=sharing

 

Strategi yang digunakan : Pemilihan Media Pembelajaran konstektual yang sederhana untuk berinoavasi.

Untuk memudahkan guru mentransformasi ilmu pengetahuan dan juga membangkitkan motivasi murid , untuk melestarikan budaya lokal melalui bermain gatheng,

Strategi ini diharapkan mampu untuk mengatasi masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas. Strategi yang digunakan :

Pemilihan Model Pembelajaran Literasi Numerasi

Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan model pembelajaran adalah dengan memahami karakteristik murid dan karakteristik materi. Guru memilih model pembelajaran Lierasi memanfaatkan batu kerikil melalui praktik baik:

 

Pihak yang terlibat dalam praktik pembelajaran ini adalah :

Pengawas pembina SD,Guru. Murid,Kepala sekolah.Orang tua wali murid

dan Komite sekolah.

 

 

Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk menerapakan praktik baik pembelajaran literasi numerasi :

Memilih media pembelajaran literasi numerasi yang menarik dan inovatif.

 

HASIL

     Hasil penerapan strategi pada aksi ini memiliki keunggulan dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar murid. Pembelajaran numerasi yang bisa diambil dari proses dan kegiatan antara lain :

1.      Peningkatan kemampuan numerasi

Guru memberi feedback yang positif dalam membangun kemampuan murid untuk menganalisi dan mengespresikan ide dan kesimpulan yang mereka bangun berdasarkan narasi  berbasis konteks nyata, melalui pembelajaran secara konstektual dengan media batu kerikil, sebagai contoh praktik baik pembelajaran matematika kelas 1 CP Mengurutkan bilangan  dari hasil observasi guru kelas 85 persen  murid suka belajar dengan media konkrit batu kerikil. Hasil pemantauan ditunjukkan halaman lampiran melalui diagram batang.

2.      Terbentuknya budaya sekolah yang literat

Program Literasi Numerasi di SD N Karanganom 1 dilaksanakan  setiap hari Kamis dan Jumat menjadi bagian budaya sekolah, semua warga sekolah dan orang tua wali murid, melalui kegiatan edukatif berbasis permainan tradhisional untuk melestarikan budaya lokal  yang ada di Gunungkidul. Mengadakan lomba permainan tradhisional gatheng dan dakon menumbuhkan rasa bangga terhadap tradisi sendiri dengan melestarikan budaya.

 

REFLEKSI

      Langkah terakhir dalam penerapan metode STAR adalah melakukan refleksi dari aksi yang telah dilakukan. Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan antara lain

1.             Dampak Terhadap Guru. Memanfaatkan media konkrit sederhana batu kerikil  membuat guru lebih  kreatif dan inovatif dalam merancang pembelajaran yang bermakna

2.             Dampak Terhadap Sekolah

Bagi sekolah bila diterapkan dengan baik dan konsisten dalam membimbing dan mengarahkan murid.

Respon  terkait dengan strategi yang dilakukan antara lain :

1.             Respon Kepala sekolah dan guru

Kepala sekolah menilai kegiatan ini mampu meningkatkan minat belajar murid, karena belajar samnbil bermain dan bereksplorasi. Guru lebih berpikir logis dan kritis dalam membimbing murid.

2.             Respon Wali murid/ orang tua murid

Meningkatnya interaksi orang tua dan anak di rumah dalam mendampingi murid.

 

Faktor keberhasilan pembelajaran dapat dilihat dari :

Keaktifan murid dalam melakukan praktik baik literasi numerasi melalu media batu kerikil memperoleh hasil pemecahan masalah yang terjadi sehari hari.

Pembelajaran lierasi numerasi dari keseluruhan proses pembelajaran literasi numerasi di SDN Karanganom 1 adalah melalui refleksi guru dan inovasi pembelajaran dengan media sederhana mengembangjkan strategi pembelajaran yang konstektual, kreatif dan menyenangkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

LAMPIRAN

 

1.      Dokumentasi Kegiatan  Sosialisasi  Program Lierasi Numerasi SD N Karanganom 1, contoh praktik baik kelas 1 dengan CP Berhitung mengurutkan bilangan dengan media konstekstual batu kerikil

Lampiran : Asesmen awal, foto dokumen praktik baik berhitung dengan batu kerikil, dan hasil pembelajaran dengan diagram batang.

  1. Asesmen Awal

Description: C:\Users\KOMPUTER 1\Downloads\WhatsApp Image 2025-10-31 at 13.50.41.jpeg

 

  1. Foto dokumen praktik baik berhitung dengan batu kerikil    Description: C:\Users\KOMPUTER 1\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\WhatsApp Image 2025-10-31 at 13.50.43.jpeg   Description: C:\Users\KOMPUTER 1\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\WhatsApp Image 2025-10-31 at 13.50.42.jpeg

 

  1. Hasil pengamatan pembelajaran mengurutkan bilangan Kelas 1 dengan Grafik

Mapel kelas 1

CP                                           : Mengurutkan Bilangan

Hasil Analisis Observasi         : Kelas 1                                                                                                                                                                          

Jumlah Murid                          : 17 Murid

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


                         

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 1.

Murid mengumpulkan media konstektual  batu kerikil.

 

Gambar 2.

Murid membuat angka dari batu kerikil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 3.

Murid membuat angka dari batu kerikil

 

Gambar 4.

Membuat angka dan simbol.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 5.

Membuat angka dan simbol.

 

Gambar 6.

Membuat angka dan simbol.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 7.

Menerapkan kegiatan literasi dengan bermain dhakon dan gatheng

.

 

 

 

Gambar 8.

Menerapkan kegiatan literasi dengan bermain dhakon dan gatheng

.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 9.

Menerapkan kegiatan literasi dengan bermain dhakon dan gatheng

 

Gambar 10.

Menerapkan kegiatan literasi dengan bermain dhakon

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Description: C:\Users\KOMPUTER 1\Downloads\WhatsApp Image 2025-10-31 at 14.14.37.jpeg

 

 

Gambar 11.

Membuat Kaligrafi

 

Description: C:\Users\KOMPUTER 1\Downloads\WhatsApp Image 2025-10-31 at 14.14.38.jpeg

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAKERI SEBAGAI PENGUATAN LITERASI NUMERASI

BAKERI SEBAGAI PENGUATAN LITERASI NUMERASI DI SDN KARANGANOM 1 Trini Eko Dewi, S.Pd.MM SDN Karanganom I Karangmojo, Karanganon II, Nga...