Selasa, 28 April 2020

TIPS MENULIS dan MEMBUAT BUKU

Selasa, 28  April 2020

                   Tips  Menulis  dan    
                 Membuat Buku  Digital
  

                                 
Narasumber  : Bapak  Onno W Purbo
Hari      :      Senin, 27 April 2020  pukul  13.00 - 15.00
Materi  :    Menulis  dan Membuat Buku  
Digital

Profil:
Nama : Dr. OnnoW Purbo 
Tempat tgl lahir :  JawaBarat, 17 Agustus 1962
Pendidikan :  Beliau memulai pendidikan di  ITB ambil jurusan Teknik Elektro  tahun 1981 lulus dengan predikat terbaik,  dilanjutka studi  ke  Kanada  dengan beasiswa  dari PAUME.
Beliau   adalah seorang tokoh dan pakar  di bidang Teknologi  Informasi, penulis, pendidik  dan pembicara  di Seminar.
Sebagai pakar Teknologi Onno hanya menggunakan  Netbook  dan  telepon seluler dengan Android merk lokal.
Pada tahun 2013 beliau  mulai bergabung sebagai dosen di Surya  Universiti.
Beliau juga sebagai Konferensi Nasional  dan dipercaya  copyleft  ( sumber terbuka), banyak tulisan  dipublikasikan di internet secara gratis.
Karya Inovatifnya  wajabolic  sebagai upaya koneksi internet murah tanpa kabel.

Menulis dan cara membuat buku digital  atau elektronik mulai  dikerjakan  oleh  akademis, penulis dan  penerbit buku,untuk itu buku  teksnya  dalam  bentuk  yang nyata bukan berarti ditinggalkan. Banyak juga  penulis  yang sebenarnya  menerbitkan buku ke penerbit  buku  dalam dua bentuk yaitu elektronik dan fisik.
Nah.....kenapa harus dua bentuk  penulis menerbitkan buku ,  untuk mengantisipasi  jangkauan  dari buku yang  nyata (fisik)  apabila tidak  dapat didistribusikan  dalam skala  yang  jauh. Kondisi ini tidak  dapat dilepaskan dari buku elektronikdimana  semuaorang  dapat  mengakses  buku  melalui  fasilitas diinternet.

Beliau menjelaskan  teknis  dalam menulis  buku yang sangat  penting adalah rumus 5W   +  1H
( what,where,when, who,danhow),karena masalah besar  dalam menulis  sebuah  buku adalah  mencari topik dan jenis buku apa saja yang terlaris.
Pertama  untuk  mencari topik  supaya  buku kita laris adalah:
 a. Memilih topik
 b. Mencari  tahu keinginan pembaca
 c. Mencari  tahu  minat  pembaca
Ketiga hal  tersebut  kita  dapatkan saat  bercakap cakap dengan orang lain, atau  saat  di sekolah dengan memantau siswa buku  apa  saja yang seringg mereka baca.

Kedua  penulis mengambil  referensi dari buku buku asing yang diterjemahkan oleh  penulis  sesuai dengan bahasa sendiri.
Beliau  sering memberikan  tugas  kepada  mahasiswanya  untuk  menulis  buku  dengan  topik  saat  mengajar dan  mengijinkan mahasiswanya  untuk mendapatkan  referensi dari buku buku  digital bapak  Onno, mahasiswa  dapat membca dari  digital  libary   bapak Onno, informasi juga  dapat  di baca  diwikipedia karena  beliau  sering menulis di wikipedia  lebih mudah  dalam pengeditan  dari pada menulis diblog.

Ketiga  penulis  membiasakan mencatat  atau menulis di wikipedia  kejadian sehari hari kita, ini kunci utama  sebagai  peulis.

Hal yang  perlu  diperhatikan dalam penulisan  di jurnal adalah  penulisan  referensi yang  berbahasa  Indonesia, sulit  diterbitkandi jurnal  Internasional.Cara mudah menggunakan referensi  dalam bahasa asinng adalah  menggunakan  Google Scholar ,langkanya ketik diweb search menu http://scholar.google.com.
Hal yang  dipersiapkan   dalam  menerbitkan  buka dalah:
1.Halaman  judul
2.Daftar isi
3.Daftar  pustaka.

Tips  mencetak buka sederhana   adalah:
File worrd  di rubah save  As  ke file PDF,sudah  jadi  buku  digital  tinggal diUpload  ke  website atau   di  shar  ke WA.
Nah  tinggal  kita meyakinkan penerbit   mencetak buku,  caranya mudah  banyak  yangg   Follower  di  medsos,  pembacanya  pasti  banyak  bukularis  terjual.
Penulis  menyiapkan materi   penerbit ANDI yang  merancang COVER  BUKU.

Tentang buku digital  ISBN  yang dikeluarkan sekolah caranya  mudah sekolah  reques dan  mengisi  formulir di http://sbn.perpusnas.go.id 
Perpusnas  selanjutnya akan mengeluarkan ijin  agar   sekolah  mengeluarkan  ISBN otomatis sekolah  menjadi penerbit.

Commons  licence  creative  adalah  Commons yang  menyediakan  karya  kreatif   yang  tersedia secara   legal  dan  dapat   dibagikan  secara  luas serta  bisa  mengecek di http://creativecommns.org


Yuk kita manfaatkan peluang  besar di guru  guru  SD   jadilahh penulis, penerbit  ANDI OFFSET  dan  ELEX  MEDIA Komputindo Royalty   5-  10 %   artinya  Royalty  bisa  dijamin  baik.

Terimaksih   bapak ONNO   sebagai  narasumber   yang  telah  memberi  ilmu  baru bagi kami.















     .




2 komentar: